S1 Teknik Elektro

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

Jurusan Teknik Elektro adalah salah satu cabang ilmu dalam bidang teknik yang berfokus pada studi, desain, dan aplikasi sistem elektronika, listrik, dan elektromagnetik. Jurusan ini melibatkan berbagai aspek dalam teknologi listrik dan elektronik. Berikut adalah deskripsi singkat tentang jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro memiliki peran penting dalam menggerakkan kemajuan teknologi di berbagai industri, mulai dari energi, telekomunikasi, kendaraan otomatis, hingga peralatan rumah pintar. Karena itu, lulusan jurusan ini sangat dicari dan dapat berkontribusi secara signifikan dalam mengatasi tantangan teknis dalam dunia yang semakin terhubung dan berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Reguler Kelas Sore - Seleksi Mandiri PTS

pilih pendaftaran ini jika anda adalah pendaftar reguler dengan sistem perkuliahan senin-jumat dari pukul 17.00 - 22.00. pastikan anda menyiapkan soft file scan ijazah/SKHU/bagi yang belum lulus menggunakan rapot semester 1 atau 2 di kelas 12, KTP/SIM/Kartu Pelajar, Kartu...

Karyawan

7 April 2024 - 29 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 150.000

Reguler Kelas Pagi - Seleksi Mandiri PTS

pilih pendaftaran ini jika anda adalah pendaftar reguler dengan sistem perkuliahan senin-jumat dari pukul 08.00 - 14.00. pastikan anda menyiapkan soft file scan ijazah/SKHU/bagi yang belum lulus menggunakan rapot semester 1 atau 2 di kelas 12, KTP/SIM/Kartu Pelajar, Kartu...

Reguler

7 April 2024 - 29 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 150.000

Kelas Eksekutif Online Hybrid - Seleksi Mandiri PTS

pilih pendaftaran ini jika anda adalah pendaftar kelas Eksekutif. pastikan anda menyiapkan soft file/scan ijazah, transkrip, KTP, Kartu Keluarga dan Pas Fotosistem perkuliahan bagi anda yang dilaksanan setiap hari jumat (13.30 - 21.00) dan sabtu (08.00 - 17.00). sistem perkuliahan...

Eksekutif

1 Desember 2023 - 29 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

Prestasi Kelas Sore - PMDK

Jalur ini adalah jalur tanpa ujian seleksi, sistem seleksi menggunakan berkas prestasi akademik dan non akademikpilih pendaftaran ini jika anda adalah pendaftar reguler dengan sistem perkuliahan senin-jumat dari pukul 17.00 - 22.00. pastikan anda menyiapkan soft file...

Karyawan

1 Desember 2023 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

Prestasi Kelas Pagi - PMDK

Jalur ini adalah jalur tanpa ujian seleksi, sistem seleksi menggunakan berkas prestasi akademik dan non akademikpilih pendaftaran ini jika anda adalah pendaftar reguler dengan sistem perkuliahan senin-jumat dari pukul 08.00 - 14.00. pastikan anda menyiapkan soft file scan...

Reguler

1 November 2023 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

Prospek Karir

Bidang teknik elektro yang paling populer dan utama tentu saja seputar energi listrik. Maka tak heran jika banyak lulusan teknik elektro yang membidik industri energi dan kelistrikan sebagai tujuan utama mereka. Namun, prospek karir lulusan teknik elektro sendiri sangat beragam. Gelar sarjana di bidang teknik elektro diperlukan di hampir setiap industri, mulai dari  telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, kedirgantaraan, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan layanan hingga bioteknologi.

Berikut lima prospek kerja jurusan teknik elektro yang bisa dipertimbangkan sebagai karirmu nanti:

Berkarir di Industri Telekomunikasi

Industri telekomunikasi  membutuhkan lulusan teknik elektro untuk membuat jaringan nirkabel. Jika tidak ada teknisi listrik, maka perusahaan telekomunikasi tidak akan dapat membuat panggilan karena teknisi listrik akan mengubah informasi dan mengkodekannya menjadi sinyal listrik. 

Tertarik berkarir di oil and gas industry? Bisa banget!

Teknik elektro, khususnya  teknik kontrol dan penyetelan, biasanya diperlukan di bidang ini dan diposisikan sebagai insinyur kontrol dan instrumentasi dalam fisika teknik dan fisika instrumentasi. Perusahaan dalam negeri yang sangat populer dengan lulusan teknik elektro antara lain SCHLUMBERGER, PERTAMINA, PERSADA, CHEVRON (dulu CALTEX & UNOCAL),  ADARO, ANEKA TAMBANG, HALLIBURTON, TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM, FREEPORT, dan CNOOC (dulu Maxus), dll.

Bagikan ilmu sebagai dosen

Banyak universitas dan perguruan tinggi, baik universitas negeri maupun swasta, membutuhkan dosen untuk mengajar program gelar teknik elektro. Namun, untuk menjadi seorang dosen kamu harus menambah pengetahuan dengan memiliki setidaknya gelar master di bidang elektro.

Berkembang lewat BUMN

Banyak  pekerjaan dari BUMN yang membutuhkan lulusan teknik elektro untuk mengisi posisi di berbagai perusahaan. Benefit yang bisa didapatkan sebagai pegawai  BUMN antara lain jenjang karir, gaji tinggi dan asuransi. Kamu juga dapat menerima beasiswa untuk mempromosikan pendidikan.  Ada banyak perusahaan yang menerima dan bekerja sama dengan lulusan teknik elektro, diantaranya PT. PLN, PLN. Telkom Indonesia, PT. Adi Karya, PT. Bank Mandiri dll.

Mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS

PNS juga dapat dijadikan sebagai prospek kerja setelah lulus kuliah jurusan teknik elektro. Umumnya, mahasiswa lulusan teknik elektro akan ditempatkan pada bidang sumber daya mineral dan juga energi. Untuk perihal gaji, jangan ditanyakan lagi, ya. Sudah pasti gaji lulusan teknik elektro untuk pekerjaan Pegawai Negeri Sipil ini sangatlah besar.

Bangun Startup sendiri!

Selain industri besar, gelar sarjana teknik elektro bisa menjadi wirausahawan sekaligus software engineer. Kamu bisa memulai bisnis sendiri, misalnya mendirikan startup yang mengimplementasikan ilmu kelistrikan, bisnis peralatan listrik, elektronik industri, dll. Sebagai software engineer, kamu akan menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, pengembangan, dan maintenance untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Materi Pembelajaran

Tidak salah memang jika kebanyakan orang beranggapan bahwa jurusan teknik elektro ya hanya mempelajari bidang kelistrikan saja. Karena pada dasarnya Teknik elektro merupakan ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang mengambil jurusan IPA saat SMA, maka jurusan ini pun sangat berhubungan dengan mata pelajaran Fisika, Kimia dan Matematika. Setidaknya kamu familiar. kan?

Hanya saja, di jurusan teknik elektro, kamu akan mempelajari Fisika yang lebih beragam lagi mengenai rangkaian listrik. Misalnya, interaksi antara komponen listrik, kemudian medan elektromagnetik, teknik digital listrik serta elektronika, bahan-bahan yang digunakan untuk listrik, energi kontroversi listrik, pengukuran beban listrik, sistem telekomunikasi, tak lupa juga metode numerik, kalkulus, serta matematika teknik, dan mata kuliah sejenisnya yang berkaitan dengan Teknik Elektro.

Secara umum, ada tiga bidang yang menjadi fokus di jurusan Teknik Elektro, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Bidang teknik tenaga listrik berhubungan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, kamu akan belajar cara membangun sistem distribusi tenaga listrik. Sedangkan bidang teknik elektronika fokus pada material di berbagai konfigurasi atau struktur yang bisa mengatur aliran listrik. Nah, kalau teknik telekomunikasi fokus pada upaya rekayasa dalam mengirim informasi dari satu titik ke titik lain.

Kabar baiknya, kamu akan belajar banyak tentang kelistrikkan di berbagai aspek dengan materi kuliah yang bahasannya luas. Mulai dari hal-hal dasar berhitung, cara melakukan kodefikasi informasi ke dalam sinyal listrik di mata kuliah sistem telekomunikasi,  bagaimana cara mengukur beban arus listrik, hingga sampai pengimplementasian gaya arus listrik pada transportasi. Kompleks ya? Tentu saja, itu mengapa lulusan teknik elektro tak tergantikan!

Selain itu, kamu juga akan mempelajari hal selain listrik seperti coding! Pada kurikulum jurusan teknik elektro, terdapat pembelajaran coding seperti MATLAB, C, C++, dan Python. Oleh karena itu, jangan heran kalau lulusan teknik elektro ada juga yang berkarir di bidang seperti Data Science, Machine Learning, Software Engineering, dan Web Development.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!